RSS

Merry Christmas . Replace this text with your christmas wishes for your visitors .

Selasa, 18 Januari 2011

TIPS MEMBUAT MARTABAK TELUR

Tips Agar Adonan Martabak Telur Renyah & Gurih
Jika selama ini Anda selalu mencari dan ingin menikmati martabak seperti yang dijual-jual ala pedagang kaki lima, mulai saat ini cobalah membuat resep-nya sendiri. Resep martabak buatan sendiri pasti lebih istimewa karena resep isinya bisa disesuaikan dengan selera.
Ups, hilangkan rasa ragu dan takut gagal bila ingin membuat resep martabak sendiri. Kesulitan utama membuat martabak telur memang terletak pada kulitnya. Kulit martabak harus dibuat tipis agar hasilnya kering dan renyah. Untuk membuat kulit yang setipis itu diperlukan latihan, tetapi Anda bisa kok membuatnya sendiri. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan?
Resep Bahan Dasar:
Resep bahan dasar pembuatan kulit martabak terdiri dari resep tepung terigu, air dan lemak.
Resep Tepung Terigu: Tepung yang digunakan adalah tepung terigu berkadar protein tinggi seperti cakra kembar.
Resep Air: Selain berperan dalam pembetukan gluten, juga untuk melarutkan garam sehingga adonan bisa tercampur rata dan menjadi kalis. Air juga berfungsi menjaga suhu adonan resep agar tidak cepat panas selama proses pengadukan.
Resep Lemak: Lemak diperlukan agar adonan resep menjadi empuk juga memperkuat jaringan gluten dan menambah nilai gizi. Anda bisa menggunakan minyak goreng, mentega ataupun margarin.
Cara Membuat Resep Adonan Yang Pas:
Kesulitan utama membuat resep martabak terletak pada cara membuat kulitnya. Perlu keterampilan khusus dan latihan terus menerus untuk menarik adonnan kulit setipis mungkin tanpa sobek. Namun tak perlu berkecil hati karena Anda bisa kok membuatnya sendiri.
Membuat resep adonan kulit martabak dilakukan dengan cara mengaduk semua resep bahan menjadi satu adonan yang kalis dan elastis. Lama pengadukan harus pas, tidak boleh terlalu lama atau terlalu cepat. Tandanya cukup sampai resep adonan lembut, tidak lengket ditangan dan kalis.
Setelah diuleni, adonan resep dipotong-potong seberat 50 - 70 gram (sesuai selera) lalu dibentuk bulat-bulat dan harus diistirahatkan, tapi jangan membayangkan resep adonan bisa mengembang dua kali lipat seperti adonan resep roti yang mengembang bila diistirahatkan. Jangan lupa saat mengistirahatkan, rendam resep adonan dalam minyak goreng selama 1 - 2 jam. Tujuan merendam adonan resep dalam minyak goreng agar jaringan gluten terbentuk dengan baik. Bila gluten belum terbentuk, adonan resep akan mudah mengerut saat ditipiskan dan sobek.
Bentuk Adonan
Martabak Telur ataupun dikenal juga dengan martabak Mesir, umumnya kalau sudah matang berbentuk kotak atau persegi. Namun untuk resep adonannya sebelum matang bentuknya bulat dan ditipiskan. Adonan dipotong-potong dalam jumlah tertentu, dibulatkan dan direndam dalam minyak goreng kemudian ditipiskan dengan cara ditarik-tarik sambil sedikit dibanting.
Pembentukan adonan bisa dilakukan di atas meja marmer yang bisa dioles minyak karena adonan cukup lembek. Tangan Anda pun sebaiknya dioles minyak juga, agar adonan tidak melekat di tangan.
Menggoreng Martabak.
Cara menggoreng martabak cukup sederhana yaitu digoreng dengan sedikit minyak dengan bara api panas sedang. Caranya setiap lembaran adonan diletakkan secara menempel pada wajan datar yang lebar. Setelah diisi, lalu lipat dan goreng dengan cara menyiram-nyiramkan minyak di atas permukaan martabak. Nah, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar